Sabtu, 29 November 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan   : SMA Negeri 1 Petanahan
Kelas/Semester          : X MS/ 1
Mata Pelajaran         : Matematika – Peminatan IPA
Materi Pokok            : Fungsi Eksponen dan Logaritma
Alokasi Waktu          : 4 x 3 Jam Pelajaran x 45 menit

A.  Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagaicerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar
2.1    Menunjukkan sikap senang, percayadiri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujurdan percayadiri serta responsif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
2.2    Memiliki rasa ingin tahu yang terbentuk dari pengalaman belajar dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam.
2.3    Berperilaku peduli, bersikap terbuka dan toleransi terhadap berbagai perbedaan di dalam masyarakat
3.1    Mendeskripskan dan menganalisis berbagai konsep dan prinsip fungsi eksponensial dan logaritma serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah.
3.2    Menganalisis data sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan logaritma dari suatu permasalahan dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
4.1    Menyajikan grafik fungsi eksponensial dan logaritma dalam memecahkan masalah nyata terkait pertumbuhan dan peluruhan.
4.2    Mengolah data dan menganalisis menggunakan variabel dan menemukan relasi berupa fungsi eksponensial dan logaritma dari situasi masalah nyata serta menyelesaikannya.

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Terlibat aktif dalam pembelajaran.
2.    Bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
3.    Terbuka dan toleran terhadap proses pemecahan masalah berbeda.
4.    Menggambar grafik fungsi eksponensial dan logaritma.
5.    Menemukan sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan logaritma.
6.    Menjelaskan sifat-sifat bilangan berpangka dan logaritma.
7.    Menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan eksponensial dan logaritma.
8.    Terampil dan kritis dalam menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah relevan yang berkaitan dengan pemecahan soal eksponensial dan logaritma.

D.  Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Eksponensial dan Logaritma ini, diharapkan peserta didik mampu:
1.    Terlibat aktif dalam pembelajaran.
2.    Bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
3.    Terbuka dan toleran terhadap proses pemecahan masalah berbeda.
4.    Menjelaskan sifat-sifat bilangan berpangkat dan logaritma.
5.    Menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan eksponensial dan logaritma.
6.    Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan berkaitan dengan pemecahan soal eksponensial dan logaritma.

E.  Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
Fakta
Soal-soal yang berkaitan dengan sifat-sifat bilangan berpangkat dan persamaan eksponensial serta masalah kontekstual yang berkaitan dengan eksponen.

Konsep
Definisi Persamaan Eksponensial
Persamaan Eksponensial adalah persamaan yang di dalamnya terdapat eksponen dengan bilangan pokok atau eksponennya berbentuk fungsi suatu peubah.

Prinsip
1.    Sifat-Sifat Bilangan Berpangkat
Untuk a dan b bilangan Real (a 0, b 0), p dan q bilangan rasional, berlaku hubungan berikut:
a.   
b.   
c.   
d.  
e.   
f.    
g.   

Prosedur
1.    Langkah-langkah menyelesaikan soal yang berkaitan dengan eksponen.
a.    Baca perintah soal, kemudian amati soal tersebut untuk menentukan sifat mana yang akan digunakan.
b.    Kerjakan dahulu soal yang ada di dalam tanda kurung.
2.    Langkah-langkah menyelesaikan persamaan eksponensial:
a.    Amatilah bentuk persamaan eksponensial yang akan dicari penyelesaiannya.
b.    Tentukan teknik penyelesaiannya berdasarkan bentuk dari persamaan eksponensial tersebut.
c.    Ubahlah kedalam bilangan pokok yang sama.
d.   Gunakan sifat-sifat bilangan berpangkat untuk menentukan penyelesaian dai persamaan eksponensial tersebut.

Pertemuan 2
Fakta
Soal-soal yang berkaitan dengan persamaan eksponensial serta masalah kontekstual yang berkaitan dengan eksponen.

Konsep
Definisi Persamaan Eksponensial
Persamaan Eksponensial adalah persamaan yang di dalamnya terdapat eksponen dengan bilangan pokok atau eksponennya berbentuk fungsi suatu peubah.


Prinsip
1.    Bentuk-Bentuk Persamaan Eksponensial
Tabel Bentuk-Bentuk Persamaan Eksponensial dan Cara Penyelesaiannya.
No.
Persamaan Eksponensial
Penyelesaian
1.
2.
3.

Prosedur
Langkah-langkah menyelesaikan persamaan eksponensial:
a.    Amatilah bentuk persamaan eksponensial yang akan dicari penyelesaiannya.
b.    Tentukan teknik penyelesaiannya berdasarkan bentuk dari persamaan eksponensial tersebut.
c.    Gunakan sifat-sifat bilangan berpangkat untuk menentukan penyelesaian dai persamaan eksponensial tersebut.

Pertemuan 3
Fakta
Soal-soal yang berkaitan dengan persamaan eksponensial

Konsep
Definisi Persamaan Eksponensial
Persamaan Eksponensial adalah persamaan yang di dalamnya terdapat eksponen dengan bilangan pokok atau eksponennya berbentuk fungsi suatu peubah.



Prinsip
Bentuk-Bentuk Persamaan Eksponensial
Tabel Bentuk-Bentuk Persamaan Eksponensial dan Cara Penyelesaiannya.
No.
Persamaan Eksponensial
Penyelesaian
4.
5.
1)  
2)  
3)  
4)  

6.
Dipenuhi jika :
(1)  
kerena
(2)  
karena

1)  
2)   dengan syarat  dan


Prosedur
Langkah-langkah menyelesaikan persamaan eksponensial:
1.    Amatilah bentuk persamaan eksponensial yang akan dicari penyelesaiannya.
2.    Tentukan teknik penyelesaiannya berdasarkan bentuk dari persamaan eksponensial tersebut.
3.    Gunakan sifat-sifat bilangan berpangkat untuk menentukan penyelesaian dai persamaan eksponensial tersebut.

Pertemuan 4 (Ulangan Harian 1)
Bab I. Eksponensial dan Logaritma
A.  Fungsi Eksponensial
B.  Persamaan Eksponensial

F.   Metode/Model Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific), dengan metode pembelajaran tanya jawab menggunakan model Discovery Learning

G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru mengucapkan salam dan selamat pagi/ siang
2.    Salah satu siswa memimpin do’a.
3.    Guru mengecek presensi siswa.
4.    Guru menyampaikan pokok materi yang akan dibahas beserta tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
5.    Guru memberika gambaran tentang aplikasi bilangan berpangkat dalm kehidupan sehari-hari.
15 menit
Inti
1.    Guru memberikan pertanyaan “ada berapa macam bentuk sifatsifat bilangan berpangkat yang kalian ketahui?”
a.    Siswa disuruh mengamati macam sifat-sifat logaritma yang ada di buku paket.
b.    Siswa menyebutkan macam sifat-sifat bilangan berpangkat.
2.    Guru menjelaskan sedikit mengenai materi yang akan dibahas.
3.    Guru menjelaskan model pembelajaran yang akan digunakan.
4.    Guru membagikan LKS (1 meja 1 LKS)

Aplikasi Discovery Learning
Fase 1. Stimulation
Siswa diberi soal penyelesaian sifat-sifat bilangan berpangkat untuk dipecahkanpada Lembar Kerja Siswa
( 2 siswa 1 LKS)

Fase 2. Problem Statement
Siswa diarahkan untuk mengidentifikasi setiap soal pada LKS serta memilih solusi yang tepat terhadap masalah dalam soal tersebut dengan melihat sifat-sifat bilangan berpangkat (pada buku Matematika Peminatan MIPA kelas X hal 13).

Fase 3. Data Collection
Siswa mulai menalar dan mencoba menyelesaikan soal tersebut dengan mencoba menuliskan langkah-langkah penyelesaian dari soal tersebut.
Bila siswa belum mampu menjawabnya, guru membantu siswa.

Fase 4. Data Processing
Dari data yang telah didapat, siswa mulai mencoba mengkomunikasikan dengan cara menghubungkan sifat-sifat bilangan berpangkatdengan penyelesaiannya.

Fase 5. Verification
1.    Guru meminta salah satu siswa untuk maju dan mengutarakan jawabannya di papan tulis.
2.    Siswa yang lain mengamati, menalar, dan menanggapi.
3.    Dengan tanya jawab disimpulkan teknik penyelesaian dari soal yang ada dengan sifat-sifat bilangan berpangkat.
4.    Guru kembali memperjelas jawaban hasil kerja siswa.
5.    Guru memberikan reward sebagai penghargaan atas jawaban siswa
6.    Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok.
7.    Siswa mengerjakan latihan 1.2 pada buku Matematika Peminatan MIPA kelas X Yudhistira hal 11 no. 1c, d, 2c, 3a, b dan 5c.
8.    Siswa diminta menuliskan jawabannya di papan tulis.
9.    Guru memberikan hadiah pada siswa.
10.    Guru bersama siswa membahas soal latihan.
11.    Guru memberikan tugas individu (Lampiran 2). Tugas individu dikumpulkan

110 menit
Penutup
Fase 6. Generalization
1.     Siswa dengan bantuan guru diminta menyimpulkan tentang sifat-sifat bilangan berpangkat yang telah mereka pelajari.
2.    Guru memberikan PR pada buku Matematika Peminatan MIPA kelas X Yudhistira hal 11 yang belum dikerjakan sebagai latihan.
3.    Guru menanyakan bagaimana kesan siswa terhadap kegiatan belajar mengajar matematika yang telah dilaksanakan.
4.    Guru memberi motivasi kepada siswa untuk belajar dirumah.
5.    Guru menyuruh siswa untuk mempelajari materi selanjutnya untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
6.    Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan do’a dan salam.
10 menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru mengucapkan salam dan selamat pagi/ siang
2.    Salah satu siswa memimpin do’a.
3.    Guru mengecek presensi siswa.
4.    Guru menyampaikan pokok materi yang akan dibahas beserta tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
5.    Guru memberikan gambaran tentng aplikasi bentuk persamaan eksponensial dalam kehidupan sehari-hari
15 menit
Inti
1.    Guru mengingatkan kembali tentang sifat-sifat bilangn berpangkat
a.    memberikan pertanyaan “apakah kalian masih ingat tentang sifat-sifat bilangan berpangkat?”
b.    Jika siswa tidak bisa mengingatnya, guru dibantu siswa membaca untuk menuliskan kembali sifat- sifat bilangan berpangkat.
c.    Guru bersama siswa membahas tuntas tentang sifat-sifat bilangan berpangkat.
d.   Guru memberikan kesempatan bertanya pada siswa tentang sifat-sifat bilangan berpangkat apabila maih ada yang belum dipahami.
e.    Guru menjelaskan apabila ada siswa yang bertanya.
2.    Guru menjelaskan sedikit mengenai materi yang akan dibahas.
3.    Guru menjelaskan model pembelajaran yang akan digunakan.
4.    Guru membagikan LKS (1 meja 1 LKS)
5.    Guru memberikan pertanyaan “apa yang kalian ketahui tentang persamaan?
Siswa ditugasi untuk membaca, mengamati dan menganalisis masalah yang ada.
6.    Dengan tanya jawab, guru bersama siswa membahas Lembar Kerja Siswa (LKS).
7.    Siswa diminta menyimpulkan definisi persamaan.

Aplikasi Discovery Learning
Fase 1. Stimulation
Siswa diberi soal penyelesaian bentuk persamaan eksponensial untuk dipecahkanpada Lembar Kerja Siswa
( 2 siswa 1 LKS)

Fase 2. Problem Statement
Siswa diarahkan untuk mengidentifikasi setiap soal pada LKS serta memilih solusi yang tepat terhadap masalah dalam soal tersebut dengan melihat bentuk-bentuk persamaan (pada buku Matematika Peminatan MIPA kelas X hal 13).

Fase 3. Data Collection
Siswa mulai menalar dan mencoba menyelesaikan soal tersebut dengan mencoba menuliskan langkah-langkah penyelesaian dari soal tersebut.
Bila siswa belum mampu menjawabnya, guru membantu siswa.

Fase 4. Data Processing
Dari data yang telah didapat, siswa mulai mencoba mengkomunikasikan dengan cara menghubungkan bentuk-bentuk persamaan eksponensial dengan penyelesaiannya.



Fase 5. Verification
1.    Guru meminta salah satu siswa untuk maju dan mengutarakan jawabannya di papan tulis.
2.    Siswa yang lain mengamati, menalar, dan menanggapi.
3.    Dengan tanya jawab disimpulkan teknik penyelesaian dari soal yang ada dengan bentuk-bentuk persamaan eksponensial.
4.    Guru kembali memperjelas jawaban hasil kerja siswa.
5.    Guru memberikan reward sebagai penghargaan atas jawaban siswa
6.    Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok.
7.    Siswa mengerjakan latihan 1.2 pada buku Matematika Peminatan MIPA kelas X Yudhistira hal 20 no. 1a, c, dan g.
8.    Siswa diminta menuliskan jawabannya di papan tulis.
9.    Guru memberikan hadiah pada siswa.
10.    Guru bersama siswa membahas soal latihan.
11.    Guru memberikan tugas individu (Lampiran 2). Tugas individu dikumpulkan
110 menit
Penutup
Fase 6. Generalization
1.    Siswa dengan bantuan guru diminta menyimpulkan tentang bentuk-bentuk persamaan eksponensial yang telah mereka pelajari.
2.    Guru memberikan PR pada buku Matematika Peminatan MIPA kelas X Yudhistira hal 20 no 1g dan h.
3.    Guru menanyakan bagaimana kesan siswa terhadap kegiatan belajar mengajar matematika yang telah dilaksanakan.
4.    Guru memberi motivasi kepada siswa untuk belajar dirumah.
5.    Guru menyuruh siswa untuk mempelajari materi selanjutnya untuk persiapan pertemuan yang akan datang, yaitu persamaan eksponensial bentuk 4, 5, dan 6.
6.    Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan do’a dan salam.
10 menit

Pertemuan 3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru mengucapkan salam dan selamat pagi/ siang
2.    Salah satu siswa memimpin do’a.
3.    Guru mengecek presensi siswa.
4.    Guru menyampaikan pokok materi yang akan dibahas beserta tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
15 menit
Inti
1.    Guru mengingatkan kembali tentang bentu- bentuk persamaan ekponensial yang ke 1, 2 dan 3.
a.    memberikan pertanyaan “apakah kalian masih ingat tentang bentuk-bentuk persamaan eksponensial yang ke 1, 2 dan 3?”
b.    Jika siswa tidak bisa mengingatnya, guru dibantu siswa dengan membaca untuk menuliskan bentuk-bentuk persamaan eksponensial yang ke 1, 2 dan 3. Siswa maju ke depan untuk menuliskan jawaban atas penyelesaian soal yang telah diberikan.
c.    Guru bersama siswa membahas tuntas tentang bentuk-bentuk persamaan eksponensial yang ke 1, 2 dan 3.
d.   Guru memberikan kesempatan bertanya pada siswa tentang grafik fungsi ekpsonensial kepada siswa apabila maih ada yang belum dipahami.
2.    Guru menjelaskan sedikit mengenai materi yang akan dibahas.
3.    Guru menjelaskan model pembelajaran yang akan digunakan.
4.    Guru membagikan LKS (1 meja 1 LKS)
5.    Siswa ditugasi untuk membaca, mengamati dan menganalisis masalah yang ada dalam Lembar Kerja Siswa (LKS).

Aplikasi Discovery Learning
Fase 1. Stimulation
Siswa diberi soal penyelesaian bentuk persamaan eksponensial untuk dipecahkanpada Lembar Kerja Siswa
( 2 siswa 1 LKS)


Fase 2. Problem Statement
Siswa diarahkan untuk mengidentifikasi setiap soal pada LKS serta memilih solusi yang tepat terhadap masalah dalam soal tersebut dengan melihat bentuk-bentuk persamaan (pada buku Matematika Peminatan MIPA kelas X hal 13).

Fase 3. Data Collection
Siswa mulai menalar dan mencoba menyelesaikan soal tersebut dengan mencoba menuliskan langkah-langkah penyelesaian dari soal tersebut.
Bila siswa belum mampu menjawabnya, guru membantu siswa.

Fase 4. Data Processing
Dari data yang telah didapat, siswa mulai mencoba mengkomunikasikan dengan cara menghubungkan bentuk-bentuk persamaan eksponensial dengan penyelesaiannya.

Fase 5. Verification
1.    Guru meminta salah satu siswa untuk maju dan mengutarakan jawabannya di papan tulis.
2.    Siswa yang lain mengamati, menalar, dan menanggapi.
3.    Dengan tanya jawab disimpulkan teknik penyelesaian dari soal yang ada dengan bentuk-bentuk persamaan eksponensial.
4.    Guru kembali memperjelas jawaban hasil kerja siswa.
5.    Guru memberikan reward sebagai penghargaan atas jawaban siswa
6.    Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok.
7.    Siswa mengerjakan latihan 1.2 pada buku Matematika Peminatan MIPA kelas X Yudhistira hal 20 no. 1a, c, dan g.
8.    Siswa diminta menuliskan jawabannya di papan tulis.
9.    Guru memberikan hadiah pada siswa.
10.    Guru bersama siswa membahas soal latihan.
11.    Guru memberikan tugas individu (Lampiran 2). Tugas individu dikumpulkan
110 menit
Penutup
Fase 6. Generalization
1.    Siswa dengan bantuan guru diminta menyimpulkan tentang bentuk-bentuk persamaan eksponensial yang telah mereka pelajari.
2.    Guru memberikan PR pada buku Matematika Peminatan MIPA kelas X Yudhistira hal 20 no 1g dan h.
3.    Guru menanyakan bagaimana kesan siswa terhadap kegiatan belajar mengajar matematika yang telah dilaksanakan.
4.    Guru memberi motivasi kepada siswa untuk belajar dirumah.
5.    Guru menyuruh siswa untuk mempelajari materi selanjutnya untuk persiapan pertemuan yang akan datang, yaitu persamaan eksponensial bentuk 4, 5, dan 6.
6.    Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan do’a dan salam.
10 menit

Pertemuan 4
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru mengucapkan salam dan selamat pagi/ siang
2.    Salah satu siswa memimpin do’a.
3.    Guru mengecek presensi siswa.
4.    Guru menyampaikan kisi-kisi ulangan harian.
5.    Guru meminta siswa menyiapkan alat tulis misalnya pulpen dan penggaris.
6.    Guru menyampaikan hal-hal yang berkaitan ulangan harian, yang meliputi:
Waktu : 90 menit
Jumlah soal : 7
Sifat ulangan : close book
Tidak boleh menggunakan kalkulator
Dikerjakan secara individu, tidak boleh mencontek, dan dikumpulkan.
35 menit
Inti
ULANGAN HARIAN 1

90 menit
Penutup
1.    Guru menanyakan pada siswa bagaimana kesan ulangan harian.
2.    Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan do’a dan salam.
10 menit


H.  Media Pembelajaran
1.    White board, board marker, dan alat tulis
2.    Lembar Kerja Peserta Didik
3.    Soal ulangan dan lembar jawab

I.     Sumber Belajar
Bambang Aryan Soekisno dan Nikenasih Binatari. 2014. “Matematika Untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Peminatan MIPA”. Jakarta: Yudhistira.

J.    Penilaian Hasil Pembelajaran
Pertemuan 1
1.    Teknik Penilaian            : pengamatan, tes tertulis, tugas individu.
2.    Prosedur penilaian         :
No.
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.    Terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.    Bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
c.    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan diskusi
2.
Pengetahuan
a.    Menjelaskan kembali sifat-sifat bilangan berpangkat.
b.    Terampil dan kritis dalam menerapkan konsep/prinsip dan strategi yang berkaitan dengan sifat-sifat bilangan berpangkat.
Tes Tertulis
Penyelesaian tugas individu
3.
Keterampilan
a.    Terampil dalam menerapkan konsep/ prinsip dan strategi pemecahan soal yang berkaitan dengan dengan sifat-sifat bilangan berpangkat.
Tes Tertulis dan Pengamatan
Selama pembelajaran, diskusi serta penyelesaian tugas individu

Pertemuan 2
1.    Teknik Penilaian            : pengamatan, tes tertulis, tugas individu.
2.    Prosedur penilaian         :
No.
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.    Terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.    Bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
c.    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan diskusi
2.
Pengetahuan
a.    Menjelaskan kembali bentuk- bentu persamaan eksponensial bentuk 1, 2 dan 3.
b.    Terampil dan kritis dalam menerapkan konsep/prinsip dan strategi yang berkaitan dengan bentu-bentuk persamaan eksponensial.
Tes Tertulis
Penyelesaian tugas individu
3.
Keterampilan
a.    Terampil dalam menerapkan konsep/ prinsip dan strategi pemecahan soal yang berkaitan dengan dengan bentuk-bentuk persamaan eksponensial.
Tes Tertulis dan Pengamatan
Selama pembelajaran, diskusi serta penyelesaian tugas individu

Pertemuan 3
1.    Teknik Penilaian       : pengamatan, tes tertulis, tugas individu.
2.    Prosedur penilaian    :
No.
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.    Terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.    Bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
c.    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan diskusi
2.
Pengetahuan
a.    Terampil dan kritis dalam menerapkan konsep/prinsip dan strategi yang berkaitan dengan bentuk-bentuk persamaan eksponen.
Tes Tertulis
Penyelesaian tugas individu
3.
Keterampilan
a.    Terampil dalam menerapkan konsep/ prinsip dan strategi pemecahan soal yang berkaitan dengan dengan bentuk persamaan eksponensial.
Tes Tertulis dan Pengamatan
Selama pembelajaran, diskusi serta penyelesaian tugas individu

Pertemuan 4
1.    Teknik Penilaian            : pengamatan, tes tertulis
2.    Prosedur penilaian         :
No.
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.    Menunjukkan sikap percaya diri
Pengamatan
Selama kegiatan ulangan
2.
Pengetahuan
a.    Mampu menerapkan konsep/prinsip dan strategi yang berkaitan dengan grafik fungsi dan persamaan eksponen.
Tes Tertulis
Penyelesaian soal ulangan harian.
3.
Keterampilan
a.    Terampil dalam menerapkan konsep/ prinsip dan strategi pemecahan soal yang berkaitan dengan dengan berkaitan dengan grafik fungsi dan persamaan eksponen.
Tes Tertulis dan Pengamatan
Selama kegiatan ulangan ulangan  serta penyelesaian soal ulangan harian.

K. Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Pertemuan 1
Tes Tertulis  (15 menit)
1.    Sederhanakanlah bentuk berikut ke bentuk pangkat positif
a.   
b.    (
c.   
2.    Nyatakan bentuk berikut dalam eksponen positif
(

Penyelesaian
1.    Sederhanakanlah bentuk berikut
a.           =
                                    =
                                    =

b.      (            =     

c.             =

=




2.    Nyatakan bentuk berikut dalam eksponen positif
(   =
                                    =
                                    =
                                    = x
                                    =
                                    =
Pertemuan 2
Tes Tertulis  (15 menit)
Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan eksponensial berikut:
1.       = 1
2.       = 81
3.       =  :

Penyelesaian
1.     = 1
ð                                 (skor 5)
ð  0                                   (skor 5)
ð  0                                   (skor 5)
ð (skor 5)
Jumlah skor soal nomer 1 adalah




2.     = 81
ð     = 81                                                             (skor 5)
ð     =                                                              (skor 5)
ð      = 4                                                               (skor 5)
ð   =  8 + 2                                                 (skor 5)
ð   =  8 + 2                                                 (skor 5)
ð   =  10                                                      (skor 5)
ð           =  2                                                              (skor 5)
Jadi HP                                                           (skor 5)
Jumlah skor soal nomer 2 adalah

3.     =  :
ð    =   :                                        (skor 5)
ð     =   :                                            (skor 5)
ð   =                                                (skor 5)
ð       =                                                (skor 5)
ð       =                                                    (skor 5)
ð    =                                                 (skor 5)
ð              =                                                       (skor 5)
ð                =                                                           (skor 5)
Jumlah skor soal nomer 3 adalah
Total Skor adalah






Pertemuan 3
Tes Tertulis (waktu 15 menit)

1.    Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan eksponen berikut
                                                   (skor 10)
2.                                               (skor 50)
3.                               (skor 40)

Penyelesaian
1.   
 =
 =
 =                          =
 =                               
 =                                  
 = 2                                

2.   
Ø

Ø
Ø

Untuk ,              
                              
                                 
                                         
Karena  dan , maka  merupakan penyelesaian

Ø
Untuk ,              
                               
                                 
Karena  ganjil, dan  ganjil, maka merupakan penyelesaian

3.   
Ø
                                 
                                 

Ø
 




Untuk ,                    
                                 
                                    
                                                  
                                           
Karena keduanya ganjil, maka merupakan penyelesaian.

Pertemuan 6
Tes Tertulis. ULANGAN HARIAN 1  (90 menit)
Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan teliti.
1.    Gambarlah grafik fungsi eksponensial dari  dan  dalam satu bidang koordinat Cartesisus.                                    (skor 25)

2.    Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan eksponensial berikut.
a.                                                             (skor 10)
b.                                                               (skor 10)
c.                                                      (skor 10)
d.                                              (skor 20)
e.                           (skor 10)
f.                                 (skor 15)

Penyelesaian
1.    Gambarlah grafik fungsi eksponensial dari  dan  dalam satu bidang koordinat Cartesisus.
Jawab:
    








2.    Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan eksponensial berikut.
a.   
Jawab: Persamaan eksponensial berbentuk
Penyelesaiannya adalah


     atau    
                      
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah

b.   
  Jawab:
           Persamaan eksponensial berbentuk
      atau      
                                  
 Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah


c.   

Jawab:
Persamaan eksponensial berbentuk
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah
d.  
Jawab: Persamaan eksponensial berbentuk
Penyelesaiannya adalah

        atau        
                                          
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah

e.   
Jawab: Persamaan eksponensial berbentuk
Kemungkinan penyelesaiannya adalah sebagai berikut:
1.   
      atau      
Jadi,  dan  merupakan penyelesaian.

2.   
Jadi,  merupakan penyelesaian.



3.   
Untuk  diperoleh nilai   dan nilai
Karena  maka  bukan penyelesaian

4.   
Untuk  diperoleh nilai  (ganjil) dan nilai  (ganjil)
Karena  keduanya ganjil maka  merupakan penyelesaian.
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah

f.    
Jawab: Persamaan eksponensial berbentuk .
Kemungkinan penyelesaiannya adalah sebagai berikut:
1)  
Jadi,  merupakan penyelesaian.

2)   , syarat   dan
 diperoleh  dan
Karena  dan  maka  merupakan penyelesaian.

Jadi Himpunan Penyelesaiannya adalah




Petanahan,    Agustus 2014
Mengetahui,
Guru Pamong Matematika


Mahasiswa Praktikan




Masirin, S.Pd
NIP. 19560912 198503 1 011

Riska Prihatiningsih
NIM. 112144350

Menhetahui
Kepala SMA N 1 Petanahan



Sunarto, S.Pd., M.Pd
         NIP. 19611114 198601 1 002



Tidak ada komentar:

Posting Komentar