RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1 Petanahan
Kelas/Semester : X MS/ 1
Mata Pelajaran : Matematika – Peminatan IPA
Materi Pokok : Fungsi Eksponen dan Logaritma
Alokasi Waktu : 4 x 3 Jam Pelajaran x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagaicerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual,
konseptual, procedural berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
2.1
Menunjukkan sikap senang, percayadiri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujurdan percayadiri
serta responsif dalam
menyelesaikan
berbagai permasalahan nyata.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu yang terbentuk dari
pengalaman belajar dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam.
2.3
Berperilaku peduli, bersikap terbuka dan toleransi terhadap
berbagai perbedaan di dalam masyarakat
3.1
Mendeskripskan
dan menganalisis berbagai konsep dan prinsip fungsi eksponensial dan logaritma
serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah.
3.2
Menganalisis
data sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan logaritma dari suatu
permasalahan dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
4.1
Menyajikan
grafik fungsi eksponensial dan logaritma dalam memecahkan masalah nyata terkait
pertumbuhan dan peluruhan.
4.2
Mengolah data
dan menganalisis menggunakan variabel dan menemukan relasi berupa fungsi
eksponensial dan logaritma dari situasi masalah nyata serta menyelesaikannya.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Terlibat aktif
dalam pembelajaran.
2.
Bekerja sama
dalam kegiatan kelompok.
3.
Terbuka dan
toleran terhadap proses pemecahan masalah berbeda.
4.
Menggambar
grafik fungsi eksponensial dan logaritma.
5.
Menemukan
sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan logaritma.
6.
Menjelaskan
sifat-sifat bilangan berpangka dan logaritma.
7.
Menentukan
himpunan penyelesaian dari persamaan eksponensial dan logaritma.
8.
Terampil dan
kritis dalam menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah relevan yang
berkaitan dengan pemecahan soal eksponensial dan logaritma.
D.
Tujuan Pembelajaran
Dengan
kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Eksponensial dan
Logaritma ini, diharapkan peserta didik mampu:
1.
Terlibat aktif
dalam pembelajaran.
2.
Bekerja sama
dalam kegiatan kelompok.
3.
Terbuka dan
toleran terhadap proses pemecahan masalah berbeda.
4.
Menjelaskan
sifat-sifat bilangan berpangkat dan logaritma.
5.
Menentukan
himpunan penyelesaian dari persamaan eksponensial dan logaritma.
6.
Menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan berkaitan dengan
pemecahan soal eksponensial dan logaritma.
E.
Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
Fakta
Soal-soal yang
berkaitan dengan sifat-sifat bilangan berpangkat dan persamaan eksponensial
serta masalah kontekstual yang berkaitan dengan eksponen.
Konsep
Definisi
Persamaan Eksponensial
Persamaan
Eksponensial adalah persamaan yang di dalamnya terdapat eksponen dengan
bilangan pokok atau eksponennya berbentuk fungsi suatu peubah.
Prinsip
1.
Sifat-Sifat
Bilangan Berpangkat
Untuk a dan b
bilangan Real (a
0, b
0), p dan q
bilangan rasional, berlaku hubungan berikut:
a.
b.
c.
d.
e.
f.
g.
Prosedur
1.
Langkah-langkah
menyelesaikan soal yang berkaitan dengan eksponen.
a.
Baca perintah
soal, kemudian amati soal tersebut untuk menentukan sifat mana yang akan
digunakan.
b.
Kerjakan dahulu
soal yang ada di dalam tanda kurung.
2.
Langkah-langkah
menyelesaikan persamaan eksponensial:
a.
Amatilah bentuk
persamaan eksponensial yang akan dicari penyelesaiannya.
b.
Tentukan teknik penyelesaiannya
berdasarkan bentuk dari persamaan eksponensial tersebut.
c.
Ubahlah kedalam
bilangan pokok yang sama.
d.
Gunakan
sifat-sifat bilangan berpangkat untuk menentukan penyelesaian dai persamaan
eksponensial tersebut.
Pertemuan 2
Fakta
Soal-soal yang berkaitan
dengan persamaan eksponensial serta masalah kontekstual yang berkaitan dengan eksponen.
Konsep
Definisi
Persamaan Eksponensial
Persamaan
Eksponensial adalah persamaan yang di dalamnya terdapat eksponen dengan
bilangan pokok atau eksponennya berbentuk fungsi suatu peubah.
Prinsip
1.
Bentuk-Bentuk
Persamaan Eksponensial
Tabel
Bentuk-Bentuk Persamaan Eksponensial dan Cara Penyelesaiannya.
No.
|
Persamaan
Eksponensial
|
Penyelesaian
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
Prosedur
Langkah-langkah menyelesaikan persamaan
eksponensial:
a.
Amatilah bentuk
persamaan eksponensial yang akan dicari penyelesaiannya.
b.
Tentukan teknik penyelesaiannya
berdasarkan bentuk dari persamaan eksponensial tersebut.
c.
Gunakan
sifat-sifat bilangan berpangkat untuk menentukan penyelesaian dai persamaan
eksponensial tersebut.
Pertemuan 3
Fakta
Soal-soal yang
berkaitan dengan persamaan eksponensial
Konsep
Definisi
Persamaan Eksponensial
Persamaan
Eksponensial adalah persamaan yang di dalamnya terdapat eksponen dengan
bilangan pokok atau eksponennya berbentuk fungsi suatu peubah.
Prinsip
Bentuk-Bentuk Persamaan Eksponensial
Tabel
Bentuk-Bentuk Persamaan Eksponensial dan Cara Penyelesaiannya.
No.
|
Persamaan
Eksponensial
|
Penyelesaian
|
4.
|
|
|
5.
|
|
1)
2)
3)
4)
|
6.
|
Dipenuhi jika :
(1)
kerena
(2)
karena
|
1)
2)
dengan syarat
dan
|
Prosedur
Langkah-langkah menyelesaikan persamaan
eksponensial:
1.
Amatilah bentuk
persamaan eksponensial yang akan dicari penyelesaiannya.
2.
Tentukan teknik
penyelesaiannya berdasarkan bentuk dari persamaan eksponensial tersebut.
3.
Gunakan
sifat-sifat bilangan berpangkat untuk menentukan penyelesaian dai persamaan
eksponensial tersebut.
Pertemuan 4 (Ulangan Harian 1)
Bab I.
Eksponensial dan Logaritma
A. Fungsi Eksponensial
B. Persamaan Eksponensial
F.
Metode/Model Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik
(scientific), dengan metode
pembelajaran tanya jawab menggunakan model Discovery
Learning
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam dan selamat pagi/ siang
2.
Salah satu
siswa memimpin do’a.
3.
Guru mengecek
presensi siswa.
4.
Guru
menyampaikan pokok materi yang akan dibahas beserta tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai.
5.
Guru memberika
gambaran tentang aplikasi bilangan berpangkat dalm kehidupan sehari-hari.
|
15 menit
|
Inti
|
1.
Guru
memberikan pertanyaan “ada berapa macam bentuk sifatsifat bilangan berpangkat
yang kalian ketahui?”
a.
Siswa disuruh
mengamati macam sifat-sifat logaritma yang ada di buku paket.
b.
Siswa
menyebutkan macam sifat-sifat bilangan berpangkat.
2.
Guru
menjelaskan sedikit mengenai materi yang akan dibahas.
3.
Guru
menjelaskan model pembelajaran yang akan digunakan.
4.
Guru
membagikan LKS (1 meja 1 LKS)
Aplikasi Discovery Learning
Fase
1. Stimulation
Siswa diberi soal penyelesaian sifat-sifat
bilangan berpangkat untuk dipecahkanpada Lembar Kerja Siswa
( 2 siswa 1 LKS)
Fase
2. Problem Statement
Siswa diarahkan untuk
mengidentifikasi setiap soal pada LKS serta memilih solusi yang tepat
terhadap masalah dalam soal tersebut dengan melihat sifat-sifat bilangan
berpangkat (pada buku Matematika Peminatan MIPA kelas X hal 13).
Fase
3. Data Collection
Siswa mulai menalar
dan mencoba menyelesaikan soal tersebut dengan mencoba menuliskan
langkah-langkah penyelesaian dari soal tersebut.
Bila siswa belum
mampu menjawabnya, guru membantu siswa.
Fase
4. Data Processing
Dari data yang telah
didapat, siswa mulai mencoba mengkomunikasikan dengan cara menghubungkan sifat-sifat
bilangan berpangkatdengan penyelesaiannya.
Fase
5. Verification
1.
Guru meminta
salah satu siswa untuk maju dan mengutarakan jawabannya di papan tulis.
2.
Siswa yang
lain mengamati, menalar, dan menanggapi.
3.
Dengan tanya
jawab disimpulkan teknik penyelesaian dari soal yang ada dengan sifat-sifat
bilangan berpangkat.
4.
Guru kembali
memperjelas jawaban hasil kerja siswa.
5.
Guru
memberikan reward sebagai penghargaan atas jawaban siswa
6.
Guru
mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok.
7.
Siswa
mengerjakan latihan 1.2 pada buku Matematika Peminatan MIPA kelas X
Yudhistira hal 11 no. 1c, d, 2c, 3a, b dan 5c.
8.
Siswa diminta
menuliskan jawabannya di papan tulis.
9.
Guru
memberikan hadiah pada siswa.
10.
Guru bersama
siswa membahas soal latihan.
11.
Guru
memberikan tugas individu (Lampiran 2). Tugas individu dikumpulkan
|
110 menit
|
Penutup
|
Fase
6. Generalization
1.
Siswa dengan
bantuan guru diminta menyimpulkan tentang sifat-sifat bilangan berpangkat
yang telah mereka pelajari.
2.
Guru
memberikan PR pada buku Matematika Peminatan MIPA kelas X Yudhistira hal 11 yang
belum dikerjakan sebagai latihan.
3.
Guru menanyakan
bagaimana kesan siswa terhadap kegiatan belajar mengajar matematika yang
telah dilaksanakan.
4.
Guru memberi
motivasi kepada siswa untuk belajar dirumah.
5.
Guru menyuruh
siswa untuk mempelajari materi selanjutnya untuk persiapan pertemuan yang
akan datang.
6.
Guru menutup
kegiatan pembelajaran dengan do’a dan salam.
|
10 menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam dan selamat pagi/ siang
2.
Salah satu
siswa memimpin do’a.
3.
Guru mengecek
presensi siswa.
4.
Guru
menyampaikan pokok materi yang akan dibahas beserta tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai.
5.
Guru
memberikan gambaran tentng aplikasi bentuk persamaan eksponensial dalam
kehidupan sehari-hari
|
15 menit
|
Inti
|
1.
Guru
mengingatkan kembali tentang sifat-sifat bilangn berpangkat
a.
memberikan
pertanyaan “apakah kalian masih ingat tentang sifat-sifat bilangan berpangkat?”
b.
Jika siswa
tidak bisa mengingatnya, guru dibantu siswa membaca untuk menuliskan kembali
sifat- sifat bilangan berpangkat.
c.
Guru bersama
siswa membahas tuntas tentang sifat-sifat bilangan berpangkat.
d.
Guru
memberikan kesempatan bertanya pada siswa tentang sifat-sifat bilangan
berpangkat apabila maih ada yang belum dipahami.
e.
Guru
menjelaskan apabila ada siswa yang bertanya.
2.
Guru
menjelaskan sedikit mengenai materi yang akan dibahas.
3.
Guru
menjelaskan model pembelajaran yang akan digunakan.
4.
Guru
membagikan LKS (1 meja 1 LKS)
5.
Guru
memberikan pertanyaan “apa yang kalian ketahui tentang persamaan?
Siswa ditugasi untuk
membaca, mengamati dan menganalisis masalah yang ada.
6.
Dengan tanya
jawab, guru bersama siswa membahas Lembar Kerja Siswa (LKS).
7.
Siswa diminta
menyimpulkan definisi persamaan.
Aplikasi Discovery Learning
Fase
1. Stimulation
Siswa diberi soal penyelesaian bentuk
persamaan eksponensial untuk dipecahkanpada Lembar Kerja Siswa
( 2 siswa 1 LKS)
Fase
2. Problem Statement
Siswa diarahkan untuk
mengidentifikasi setiap soal pada LKS serta memilih solusi yang tepat
terhadap masalah dalam soal tersebut dengan melihat bentuk-bentuk persamaan
(pada buku Matematika Peminatan MIPA kelas X hal 13).
Fase
3. Data Collection
Siswa mulai menalar
dan mencoba menyelesaikan soal tersebut dengan mencoba menuliskan
langkah-langkah penyelesaian dari soal tersebut.
Bila siswa belum
mampu menjawabnya, guru membantu siswa.
Fase
4. Data Processing
Dari data yang telah
didapat, siswa mulai mencoba mengkomunikasikan dengan cara menghubungkan
bentuk-bentuk persamaan eksponensial dengan penyelesaiannya.
Fase
5. Verification
1.
Guru meminta
salah satu siswa untuk maju dan mengutarakan jawabannya di papan tulis.
2.
Siswa yang
lain mengamati, menalar, dan menanggapi.
3.
Dengan tanya
jawab disimpulkan teknik penyelesaian dari soal yang ada dengan bentuk-bentuk
persamaan eksponensial.
4.
Guru kembali
memperjelas jawaban hasil kerja siswa.
5.
Guru
memberikan reward sebagai penghargaan atas jawaban siswa
6.
Guru mengumpulkan
semua hasil diskusi tiap kelompok.
7.
Siswa
mengerjakan latihan 1.2 pada buku Matematika Peminatan MIPA kelas X
Yudhistira hal 20 no. 1a, c, dan g.
8.
Siswa diminta
menuliskan jawabannya di papan tulis.
9.
Guru memberikan
hadiah pada siswa.
10.
Guru bersama
siswa membahas soal latihan.
11.
Guru
memberikan tugas individu (Lampiran 2). Tugas individu dikumpulkan
|
110 menit
|
Penutup
|
Fase
6. Generalization
1.
Siswa dengan
bantuan guru diminta menyimpulkan tentang bentuk-bentuk persamaan
eksponensial yang telah mereka pelajari.
2.
Guru
memberikan PR pada buku Matematika Peminatan MIPA kelas X Yudhistira hal 20
no 1g dan h.
3.
Guru
menanyakan bagaimana kesan siswa terhadap kegiatan belajar mengajar
matematika yang telah dilaksanakan.
4.
Guru memberi
motivasi kepada siswa untuk belajar dirumah.
5.
Guru menyuruh
siswa untuk mempelajari materi selanjutnya untuk persiapan pertemuan yang
akan datang, yaitu persamaan eksponensial bentuk 4, 5, dan 6.
6.
Guru menutup
kegiatan pembelajaran dengan do’a dan salam.
|
10 menit
|
Pertemuan 3
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam dan selamat pagi/ siang
2.
Salah satu
siswa memimpin do’a.
3.
Guru mengecek
presensi siswa.
4.
Guru
menyampaikan pokok materi yang akan dibahas beserta tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai.
|
15 menit
|
Inti
|
1.
Guru
mengingatkan kembali tentang bentu- bentuk persamaan ekponensial yang ke 1, 2
dan 3.
a.
memberikan
pertanyaan “apakah kalian masih ingat tentang bentuk-bentuk persamaan
eksponensial yang ke 1, 2 dan 3?”
b.
Jika siswa
tidak bisa mengingatnya, guru dibantu siswa dengan membaca untuk menuliskan
bentuk-bentuk persamaan eksponensial yang ke 1, 2 dan 3. Siswa maju ke depan
untuk menuliskan jawaban atas penyelesaian soal yang telah diberikan.
c.
Guru bersama
siswa membahas tuntas tentang bentuk-bentuk persamaan eksponensial yang ke 1,
2 dan 3.
d.
Guru
memberikan kesempatan bertanya pada siswa tentang grafik fungsi ekpsonensial
kepada siswa apabila maih ada yang belum dipahami.
2.
Guru
menjelaskan sedikit mengenai materi yang akan dibahas.
3.
Guru
menjelaskan model pembelajaran yang akan digunakan.
4.
Guru
membagikan LKS (1 meja 1 LKS)
5.
Siswa ditugasi
untuk membaca, mengamati dan menganalisis masalah yang ada dalam Lembar Kerja
Siswa (LKS).
Aplikasi Discovery Learning
Fase
1. Stimulation
Siswa diberi soal penyelesaian bentuk
persamaan eksponensial untuk dipecahkanpada Lembar Kerja Siswa
( 2 siswa 1 LKS)
Fase
2. Problem Statement
Siswa diarahkan untuk
mengidentifikasi setiap soal pada LKS serta memilih solusi yang tepat
terhadap masalah dalam soal tersebut dengan melihat bentuk-bentuk persamaan
(pada buku Matematika Peminatan MIPA kelas X hal 13).
Fase
3. Data Collection
Siswa mulai menalar
dan mencoba menyelesaikan soal tersebut dengan mencoba menuliskan
langkah-langkah penyelesaian dari soal tersebut.
Bila siswa belum
mampu menjawabnya, guru membantu siswa.
Fase
4. Data Processing
Dari data yang telah
didapat, siswa mulai mencoba mengkomunikasikan dengan cara menghubungkan
bentuk-bentuk persamaan eksponensial dengan penyelesaiannya.
Fase
5. Verification
1.
Guru meminta
salah satu siswa untuk maju dan mengutarakan jawabannya di papan tulis.
2.
Siswa yang
lain mengamati, menalar, dan menanggapi.
3.
Dengan tanya
jawab disimpulkan teknik penyelesaian dari soal yang ada dengan bentuk-bentuk
persamaan eksponensial.
4.
Guru kembali
memperjelas jawaban hasil kerja siswa.
5.
Guru
memberikan reward sebagai penghargaan atas jawaban siswa
6.
Guru mengumpulkan
semua hasil diskusi tiap kelompok.
7.
Siswa
mengerjakan latihan 1.2 pada buku Matematika Peminatan MIPA kelas X
Yudhistira hal 20 no. 1a, c, dan g.
8.
Siswa diminta
menuliskan jawabannya di papan tulis.
9.
Guru memberikan
hadiah pada siswa.
10.
Guru bersama
siswa membahas soal latihan.
11.
Guru
memberikan tugas individu (Lampiran 2). Tugas individu dikumpulkan
|
110 menit
|
Penutup
|
Fase
6. Generalization
1.
Siswa dengan
bantuan guru diminta menyimpulkan tentang bentuk-bentuk persamaan
eksponensial yang telah mereka pelajari.
2.
Guru
memberikan PR pada buku Matematika Peminatan MIPA kelas X Yudhistira hal 20
no 1g dan h.
3.
Guru
menanyakan bagaimana kesan siswa terhadap kegiatan belajar mengajar
matematika yang telah dilaksanakan.
4.
Guru memberi
motivasi kepada siswa untuk belajar dirumah.
5.
Guru menyuruh
siswa untuk mempelajari materi selanjutnya untuk persiapan pertemuan yang
akan datang, yaitu persamaan eksponensial bentuk 4, 5, dan 6.
6.
Guru menutup
kegiatan pembelajaran dengan do’a dan salam.
|
10 menit
|
Pertemuan 4
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam dan selamat pagi/ siang
2.
Salah satu
siswa memimpin do’a.
3.
Guru mengecek
presensi siswa.
4.
Guru
menyampaikan kisi-kisi ulangan harian.
5.
Guru meminta
siswa menyiapkan alat tulis misalnya pulpen dan penggaris.
6.
Guru
menyampaikan hal-hal yang berkaitan ulangan harian, yang meliputi:
Waktu
: 90 menit
Jumlah
soal : 7
Sifat
ulangan : close book
Tidak
boleh menggunakan kalkulator
Dikerjakan secara
individu, tidak boleh mencontek, dan dikumpulkan.
|
35 menit
|
Inti
|
ULANGAN HARIAN 1
|
90 menit
|
Penutup
|
1.
Guru
menanyakan pada siswa bagaimana kesan ulangan harian.
2.
Guru menutup
kegiatan pembelajaran dengan do’a dan salam.
|
10 menit
|
H.
Media Pembelajaran
1.
White board,
board marker, dan alat tulis
2.
Lembar Kerja
Peserta Didik
3.
Soal ulangan dan
lembar jawab
I.
Sumber Belajar
Bambang
Aryan Soekisno dan Nikenasih Binatari. 2014. “Matematika Untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Peminatan MIPA”.
Jakarta: Yudhistira.
J.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Teknik Penilaian
: pengamatan, tes tertulis,
tugas individu.
2.
Prosedur
penilaian :
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat aktif dalam pembelajaran.
b. Bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
c. Toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a. Menjelaskan kembali sifat-sifat
bilangan berpangkat.
b. Terampil dan kritis dalam menerapkan
konsep/prinsip dan strategi yang berkaitan dengan sifat-sifat bilangan
berpangkat.
|
Tes Tertulis
|
Penyelesaian tugas individu
|
3.
|
Keterampilan
a. Terampil dalam menerapkan konsep/
prinsip dan strategi pemecahan soal yang berkaitan dengan dengan sifat-sifat
bilangan berpangkat.
|
Tes Tertulis dan Pengamatan
|
Selama pembelajaran, diskusi serta
penyelesaian tugas individu
|
Pertemuan 2
1.
Teknik Penilaian
: pengamatan, tes tertulis,
tugas individu.
2.
Prosedur
penilaian :
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat aktif dalam pembelajaran.
b. Bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
c. Toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a. Menjelaskan kembali bentuk- bentu
persamaan eksponensial bentuk 1, 2 dan 3.
b. Terampil dan kritis dalam menerapkan
konsep/prinsip dan strategi yang berkaitan dengan bentu-bentuk persamaan
eksponensial.
|
Tes Tertulis
|
Penyelesaian tugas individu
|
3.
|
Keterampilan
a. Terampil dalam menerapkan konsep/
prinsip dan strategi pemecahan soal yang berkaitan dengan dengan bentuk-bentuk
persamaan eksponensial.
|
Tes Tertulis dan Pengamatan
|
Selama pembelajaran, diskusi serta
penyelesaian tugas individu
|
Pertemuan 3
1. Teknik Penilaian :
pengamatan, tes tertulis, tugas individu.
2. Prosedur penilaian :
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat aktif dalam pembelajaran.
b. Bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
c. Toleran terhadap proses pemecahan masalah
yang berbeda.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a. Terampil dan kritis dalam menerapkan
konsep/prinsip dan strategi yang berkaitan dengan bentuk-bentuk persamaan
eksponen.
|
Tes Tertulis
|
Penyelesaian tugas individu
|
3.
|
Keterampilan
a. Terampil dalam menerapkan konsep/
prinsip dan strategi pemecahan soal yang berkaitan dengan dengan bentuk
persamaan eksponensial.
|
Tes Tertulis dan Pengamatan
|
Selama pembelajaran, diskusi serta
penyelesaian tugas individu
|
Pertemuan 4
1.
Teknik Penilaian
: pengamatan, tes tertulis
2.
Prosedur
penilaian :
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Menunjukkan sikap percaya diri
|
Pengamatan
|
Selama kegiatan ulangan
|
2.
|
Pengetahuan
a. Mampu menerapkan konsep/prinsip dan
strategi yang berkaitan dengan grafik fungsi dan persamaan eksponen.
|
Tes Tertulis
|
Penyelesaian soal ulangan harian.
|
3.
|
Keterampilan
a. Terampil dalam menerapkan konsep/
prinsip dan strategi pemecahan soal yang berkaitan dengan dengan berkaitan
dengan grafik fungsi dan persamaan eksponen.
|
Tes Tertulis dan Pengamatan
|
Selama kegiatan ulangan ulangan serta penyelesaian soal ulangan harian.
|
K.
Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Pertemuan 1
Tes Tertulis (15 menit)
1.
Sederhanakanlah
bentuk berikut ke bentuk pangkat positif
a.
b.
(
c.
2.
Nyatakan bentuk
berikut dalam eksponen positif
(
Penyelesaian
1.
Sederhanakanlah
bentuk berikut
a.
=
=
=
b.
(
=
c.
=
=
2.
Nyatakan bentuk
berikut dalam eksponen positif
(
=
=
=
=
x
=
=
Pertemuan 2
Tes Tertulis (15 menit)
Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan
eksponensial berikut:
1.
= 1
2.
= 81
3.
=
:
Penyelesaian
1.
= 1
ð
(skor
5)
ð
0 (skor 5)
ð
0 (skor 5)
ð
(skor 5)
Jumlah
skor soal nomer 1 adalah
2.
= 81
ð
= 81 (skor
5)
ð
=
(skor 5)
ð
= 4 (skor
5)
ð
= 8 + 2 (skor
5)
ð
= 8 + 2 (skor
5)
ð
= 10 (skor
5)
ð
= 2 (skor
5)
Jadi HP
(skor 5)
Jumlah skor soal nomer
2 adalah
3.
=
:
ð
=
:
(skor 5)
ð
=
:
(skor 5)
ð
=
(skor 5)
ð
=
(skor 5)
ð
=
(skor 5)
ð
=
(skor 5)
ð
=
(skor 5)
ð
=
(skor 5)
Jumlah skor soal nomer 3 adalah
Total
Skor adalah
Pertemuan 3
Tes Tertulis (waktu 15 menit)
1.
Tentukan himpunan
penyelesaian dari persamaan eksponen berikut
(skor
10)
2.
(skor
50)
3.
(skor 40)
Penyelesaian
1.
=
=
=
=
=
=
= 2
2.
Ø
Ø
Ø
Untuk
,
Karena
dan
,
maka
merupakan penyelesaian
Ø
Untuk
,
Karena
ganjil, dan
ganjil, maka merupakan penyelesaian
3.
Ø
Ø
Untuk
,
Karena keduanya ganjil, maka merupakan
penyelesaian.
Pertemuan 6
Tes Tertulis. ULANGAN
HARIAN 1 (90 menit)
Kerjakan
soal-soal di bawah ini dengan teliti.
1.
Gambarlah grafik
fungsi eksponensial dari
dan
dalam satu bidang koordinat Cartesisus. (skor 25)
2.
Tentukan himpunan
penyelesaian dari persamaan eksponensial berikut.
a.
(skor 10)
b.
(skor 10)
c.
(skor 10)
d.
(skor 20)
e.
(skor 10)
f.
(skor 15)
Penyelesaian
1.
Gambarlah grafik
fungsi eksponensial dari
dan
dalam satu bidang koordinat Cartesisus.
Jawab:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan eksponensial berikut.
a.
Jawab: Persamaan
eksponensial berbentuk
Penyelesaiannya adalah
atau
Jadi, himpunan
penyelesaiannya adalah
b.
Jawab:
Persamaan
eksponensial berbentuk
atau
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah
c.
Jawab:
Persamaan eksponensial berbentuk
Jadi, himpunan
penyelesaiannya adalah
d.
Jawab: Persamaan
eksponensial berbentuk
Penyelesaiannya adalah
atau
Jadi, himpunan
penyelesaiannya adalah
e.
Jawab: Persamaan eksponensial berbentuk
Kemungkinan penyelesaiannya
adalah sebagai berikut:
1.
atau
Jadi,
dan
merupakan penyelesaian.
2.
Jadi,
merupakan penyelesaian.
3.
Untuk
diperoleh nilai
dan nilai
Karena
maka
bukan penyelesaian
4.
Untuk
diperoleh nilai
(ganjil) dan nilai
(ganjil)
Karena
keduanya ganjil maka
merupakan penyelesaian.
Jadi, himpunan
penyelesaiannya adalah
f.
Jawab: Persamaan
eksponensial berbentuk
.
Kemungkinan
penyelesaiannya adalah sebagai berikut:
1)
Jadi,
merupakan penyelesaian.
2)
, syarat
dan
diperoleh
dan
Karena
dan
maka
merupakan penyelesaian.
Jadi
Himpunan Penyelesaiannya adalah
Petanahan,
Agustus 2014
Mengetahui,
Guru
Pamong Matematika
|
|
Mahasiswa Praktikan
|
|
|
|
Masirin, S.Pd
NIP. 19560912 198503 1 011
|
|
Riska
Prihatiningsih
NIM. 112144350
|
|
||
Menhetahui
Kepala SMA N 1 Petanahan
Sunarto,
S.Pd., M.Pd
NIP. 19611114 198601 1 002
|
||
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar